Mobil-Mobil Patroli Polisi Masa Kini


OTOMOTIFNET – Bagi Anda yang pernah menyaksikan film fiksi ilmiah Robocop pada medio ’80-an, tampak po­lisi robot menggunakan Ford Taurus sebagai mobil patroli di Detroit. Saat itu mobilnya tampak futuristis. Kini sang Taurus jadi mobil tua. Pasalnya, Ford Motor Co. membuat mobil yang lebih modern untuk kepentingan dinas kepolisian Amerika yang sesungguhnya. Jadi, boleh dibilang mobil seperti di Robocop akhirnya ada.

Beberapa negara juga me­mamerkan kendaraan opera­sional penunjang kelancaran tugas polisi, sesuai kebutuhan di era saat ini atau buat masa depan. Asyiknya, sama seperti mobil produk massal, mobil polisi juga punya sosok yang bagus, bahkan ada yang berani membeberkan head-to-head kelengkapan di dalam kabin.

Ada pula yang enggan di­ke­tahui jeroannya, jadi cukup mem­perkenalkan livery baru atau sekadar uji coba. Yuk korek lebih jauh ada apa di mobil polisi kini.

Ford Taurus Interceptor

Ford yang dipakai dinas kepolisian Amerika sejak 1950, belum lama ini memperkenalkan mobil baru Ford Police Interceptor. Dalam 5 tahun terakhir Ford menguasai 70% penjualan mobil untuk patroli polisi di Amerika dengan menjual 45.000 unit.

Secara teknik lebih tangguh, keamanan dan performanya di atas mobil polisi saat ini, Ford Crown Victoria. Mobil terlihat penuh perlengkapan tugas baik di luar dan dalamnya, cocok digunakan oleh penegak hukum modern. Basisnya dari Taurus 2010 yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Mesin ada dua pilihan, 3.500 cc V6 bertenaga 263 dk, lebih hemat 25% dibanding 4.600 cc SOHC V8 Crown Victoria. Lalu 3.500 cc EcoBoost turbo ganda V6, tenaganya 365 dk, 115 dk lebih besar dari Crown Victoria, cocok buat patroli di jalan bebas hambatan.

Ford menyebut 90% inte­rior didesain ulang. Jok depan didesain khusus, dalamnya diberi pelat antitusuk buat melindungi penumpang depan. Ruang kaki bagian belakang sangat lega. Pintu belakang membuka 10° lebih lebar dibanding mobil standarnya. Serta berbagai teknologi lain seperti radar atau sensor.

Mobil yang diproduksi Ford Chicago ini akan menggantikan Crown Victoria yang masa berlakunya habis September 2011.

Chevrolet Caprice
Kubu General Motors mengutus mobil terbaiknya buat jajaran departemen kepolisian Amerika tahun depan, namanya Chevrolet Caprice Police Patrol Vehicle (PPV). Mobil ini berpenggerak roda belakang, full-size serta menawarkan dua mesin V8 dan V6.

Namun Caprice PPV tidak seperti mobil polisi lainnya, dia tidak dari basis mobil penumpang yang dijual di Amerika Utara. Tetapi dikembangkan khusus untuk tugas kepolisian yang dilengkapi fitur dan peralatan modern.

Mesinnya 6.000 cc V8 yang hemat BBM berkat teknologi Active Fuel Management. Tenaganya diperkirakan 355 dk, transmisi otomatis 6-percepatan yang performanya sudah dikalibrasi untuk tugas kepolisian. Dari 0-96 km/jam mobil dapat dipacu kurang dari 6 detik. Chevrolet yang menyuplai mobil untuk polisi dejak 1959, kali ini membuat Caprice PPV yang didesain buat 5 penumpang, kursi depan didesain untuk memberi kenyamanan selama dipakai bertugas, dasbornya dilengkapi komputer layar sentuh in-dash.

Mobil ini dapat dianggap saingannya Ford Crown Victoria. Pihak GM menyebut interior dan ruang kakinya lebih luas dari Crown Victoria. Model mesin V6 baru ditawarkan mulai 2012.

BMW Carbon Motors E7
BMW dan Carbon Motors me­lakukan kerja sama strategis, yaitu menyuplai kendaraan ope­ra­sio­nal buat polisi Amerika. Mesin die­sel BMW 3.000 cc 6 silinder komplet dengan pendingin dan sistem pembuangan gas, serta transmisi otomatis 6-percepatan, berpadu dengan Carbon E7 penggerak roda belakang, maka jadilah mobil polisi. Namanya BMW Carbon Motors E7.

Di pasar Amerika, BMW 335d dan X5 35d punya kekuatan 265 dk. Sementara Carbon motors yang didirikan pada 2003, yakin mesin diesel BMW di Carbon E7 dapat memangkas hingga 40% konsumsi BBM di Amerika, yang saat ini menenggak 1,5 juta galon bensin dan menyemburkan 14 juta ton CO2 setahun.

Sayang tak ada info lanjut mengenai kelebihan dari mobil yang lebih cocok sebagai kendaraan Robocop masa kini. Hanya saja, tampangnya memang unik, lampu merah biru ada di sekujur bodi, baik di bagian lampu depan, di kaca depan atas dan samping kap mobil. Jadi tak perlu pakai lampu tempel di atas kap.

BMX X3

Baru-baru ini pihak kepolisian Jerman tengah menguji coba BMW X3 untuk patroli jalan raya. Mesinnya diesel 6 silinder turbocharged berkemampuan 218 dk, sistem gerak semua roda (AWD). Sedikit bocoran diperoleh, BMW X3 ini diuji berbulan-bulan, melingkupi segala aspek, termasuk teknologi yang menunjang perlengkapan tugas Polizei. Sinyal lampu mobil ini pakai LED.

Jaguar XF
Hampir setahun setelah diumumkan Jaguar XF membuat paket untuk mobil polisi Inggris Raya, akhirnya mobil berlogo macan ini menampakkan diri bulan lalu. Central Motorway Police Group dengan lintas patroli di Staffordshire, Mercia dan West Midlands, telah membeli 7 unit. Semua mobil berbasis dari model Diesel S, 3.000 cc bertenaga 275 dk.

Paket XF untuk polisi ini juga dibuat khusus, termasuk pemasangan lampu di atap yang berisi 3.600 lampu pijar biru, lampu LED biru dan putih berada di balik gril depan, LED biru di samping depan dan LED biru-merah di bagian belakang.

Vauxhall Astra
“Working together for a safer London, begitu tagline pada bodi samping Vauxhall Astra baru yang diandalkan polisi Inggris untuk menumpas pelaku kriminal di kota London. Mobil telah dilengkapi sistem peralatan kerja buat aparat yang bertugas.

Seperti alat komunikasi, terminal data, video rekam dan multiple transceivers. Juga lampu LED di atas kap mobil, lampu depan kedap-kedip dan lampu merah di belakang.

Astra telah jadi tulang punggung kepolisian Inggris sejak pertama kali diluncurkan pada 1979. Mobil baru ini dianggap lebih dinamis dari sebelumnya, dibuat sesuai kebutuhan saat ini.

Penulis/Foto: Fend / Ford, Chevrolet, BMW, Jaguar, Vauxhall

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: