Suspensi Mazda2 Didesain Khusus Untuk Indonesia


OTOMOTIFNET – Tahukah anda bahwa mobil New Mazda2 di desain khusus untuk pasar Indonesia! “Kok bisa!” bukankah New Mazda2 akan diluncurkan juga untuk pasar Amerika, China dan Eropa? Dan jika speknya diciptakan khusus untuk pasar Indonesia, karakter mobil ini tidak akan cocok untuk penggunaan di negara lain seperti Amerika, China dan Eropa.

Pernyataan ini sedikit rancu dengan desain mendesain mobil New Mazda2 yang cenderung menyatukan gaya Eropa dan Jepang. Nah, saat dikonfirmasikan tentang peruntukan khusus untuk kondisi di Indonesia ini, ternyata lebih kepada setting peredam kejut atau suspensi yang khusus untuk kondisi jalanan Indonesia. Selebihnya desain dan semua fitur New Mazda2 disesuaikan dengan semua negara tujuan ekspornya.

Desain Eksterior Lebih Dinamis dan Futuristik
Salah satu item yang membuat New Mazda2 memiliki keunggulan adalah desain eksterior yang sangat kompak. Karena dibangun dengan penyatuan konsep mobil perkotaan ala Eropa dan Jepang, makanya bagian eksteriornya mampu menawarkan sebuah gaya hidup pengendaranya.

Berbeda dengan desain Mazda2 generasi pertama, New Mazda2 memiliki lekukan tubuh yang lebih dinamis. Mulai dari ruang yang lebih besar pada bagian fog lampnya, hingga desain body samping dan belakang yang lebih lebar, membuat mobil ini tetap terlihat macho meskipun dimensinya  mungil layaknya mobil city car.

Interior Lapang dan Desain Dashboard Cukup Unik

Namanya saja mobil city car, tentu bagian interior tidak akan selega mobil SUV. Namun tidak demikian dengan New Mazda2 yang menyisakan ruang lebih kepada penumpang yang masuk kedalamnya. Bukan hanya didesain untuk meminimalisir sisi blindspot mobil ini, namun juga kabin dibuat lebih lapang dengan minimalisasi bentuk jok dan semua konsol yang terdapat dalam kabin.

Agar pengemudi lebih nyaman, desain unik dashboard yang mengutamakan keterjangkauan semua panel, dan diklaim menjadi sebuah prestise didalam kabin Mazda 2. Semua panel terpusat pada bagian tengah dengan desain dashboard yang cenderung cembung. Detail ini dinamakan dengan Multi Information Display (MID).

Berbicara tentang kabin yang cukup lapang, tentunya juga berbicara tentang kapasitas muat mobil city car ini. Jika penumpang yang bisa ditampung sebanyak lima orang, tentu kapasitas bagasi juga harus mempunyai daya angkut lebih. Dan New Mazda2 mampu menghadirkan kapasitas cukup lega untuk sebuah city car yaitu 250 liter.

Dapur Pacu Diklaim Cukup Responsif Namun Irit BBM

Menurut data yang dirilis oleh PT Mazda Motor Indonesia, adalah bahwa Mazda2 mampu menempuh 15,6 kilometer untuk satu liter bahan bakar. Penggunaan ini adalah kombinasi pemakaian antara jalur kemacetan kota dengan tol. Mesin MZR 1.5 liter inline four cylinder DOHC 16 Valve pun menjadi biangnya.

Respon mesin pun diklaim cukup tinggi karena aplikasi teknologi Sequential Valve Timing (S-VT) pada mesin. Adapun tenaga yang mampu dirilis oleh Mazda2 yaitu sebesar 103 PS pada putaran 6.000 RPM. Sementara untuk torsinya mampu menghasilkan sebesar 135 Nm pada putaran 4.000 RPM. Tentu ini adalah tenaga yang sangat luar biasa. Apalagi dibekali dengan body ringan yang meminimalisir kinerja mesin.

Sistem Kaki-Kaki Disesuaikan Dengan Kondisi Jalan Indonesia

Yang paling istimewa dari New Mazda2 yang dipasarkan di Indonesia adalah pada bagian kaki-kakinya. Settingan suspensi New Mazda2 tetap mengacu pada kondisi jalanan di Indonesia yang cenderung rusak dan bergelombang. Kendati mobil ini CBU, tapi semua konsumen Indonesia berhak mendapat settingan yang sesuai dengan kondisi jalan di tanah air.

Sistem Safety
Karena mobil ini masuk dalam segmen city car, tentunya sistem safety juga harus memenuhi standar keamanan mengendara dalam kota dan juga luar kota.  Aplikasi teknologi safety seperti ABS, EBD, BA, SRS Airbag, seatbelt dan high mount sudah terdapat pada New Mazda2. Namun yang paling istimewa adalah karena konstruksinya chasis yang mengutamakan perlindungan maksimal.

Kendati chasis yang digunakan lebih ringan ketimbang kontendernya, namun perlindangannya terhadap benturan sangat tinggi. Sehingga pengemudi merasa cukup aman berada dalam mobil ini.

Penulis/Foto : Uda/Salim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: