First Drive Mazda2: Siap Tantang Jazz


OTOMOTIFNET – Sejak hadirnya Honda Jazz dua tahun lalu, praktis tak ada model yang beredar di Indonesia yang terbilang mampu jadi penantangnya. Paling tidak dari segi kebaharuan tampilannya maupun detail teknis serta performanya. Nah rencana hadirnya Mazda2 ini pantas buat dinanti.

OTOMOTIF berkesempatan buat menjajal secara langsung di unit produksi Auto Alliance Thailand (AAT) di Rayong Thailand pekan silam (8/10).

SPORTY HATCHBACK

Secara khusus, Ryoichi Kishimoto sebagai program manager Mazda2 dari Mazda Motor Corporation (MMC) yakinkan bahwa hatchback ini memang dibuat untuk yang berjiwa muda. “Mobil ini secara khusus karakternya memang dibuat lebih sporty,” sebut pria serius itu. Tak lupa disebutkannya bahwa unsur yang stylish juga dapat dinikmati dari mobil ini secara utuh.

Sekadar informasi, di Jepang nama yang dipakai buat mobil yang sama adalah Demio. Adakah perbedaan dari versi Jepang? Secara tegas Takahiro Sugiura, regional manager Asia & Pacific MMC katakan bahwa Demio dan Mazda2 tak banyak beda.

Kalaupun ada yang beda, tak lebih dari adanya kebutuhan khusus konsumen Jepang seperti modul GPS maupun detail peranti kabin. “Secara performa mesin dan lainnya sama saja,” jelas pemilik tubuh jangkung itu.

Lalu adakah esensi Demio yang diluncurkan tahun 1996 yang masih tersisa? Kishimoto-san kembali sebutkan tak ada. “Sebab Demio versi lama itu spesifikasinya adalah station wagon kecil,” sebut pria yang pernah tangani Mazda6 buat pasar Amerika itu.

Sejak periode “Zoom-Zoom” tahun 2002 Demio berubah jadi hatchback tulen. Kalau hatchback berarti tampilannya tak boleh membosankan. Mobil ini nyata sudah memenuhi unsur tersebut. Apalagi minor change terbaru bikin bonnet hingga buritan lebih apik dari sebelumnya.

Desain bumper yang lebih sporty dengan hiasan air dam bikin mobil dengan panjang 3.885 mm ini makin eye cathing. Siluet membulat yang ada pada versi pertama kini efektif tertepis. Lampu depan-belakang lebih terlihat aktual dengan tipikal desain mobil sekelas saat ini.

Kabin juga masih terkesan sporty. Detail panel indikator, setir, maupun center facia mudah dipantau sekaligus gampang dijangkau.

Lebar sebesar 1.695 mm juga bikin akses keluar-masuk tak sulit. Posisi duduk juga termasuk nyaman buat mobil sekelasnya. Ruang buat kaki di jok depan dan belakang juga pas buat pemilik tinggi tubuh 170 cm. Sementara head room juga masih tinggi dalam ukuran mobil setinggi 1.475 mm.

Oh ya, sudut pandang mata saat mengendarai Mazda2 luas adanya. Tak lain karena desain pilar A serta merunduknya bonnet. Kontrol manuver tentu makin mudah dilakukan.

MANUVER PRESISI

Sebagaimana konsep fun to drive pada umumnya mobil Mazda, hatchback ini juga memilikinya. Siluet bodi yang rendah membuat mobil ber-wheelbase 2.490 mm ini rigid menapak aspal. Saat manuver tajam dilakukan praktis body roll berlebih tak muncul.

“Kami berinvestasi mahal buat pengembangan suspensi,” ujar Yuji Nakamine managing executive officer GM overseas sales div. MMC. Itu terbukti saat banking di test track AAT dilibas dengan kecepatan sampai 80 km/jam, pegang gerak setir lebih kuat membuat mobil ini tetap pada jalurnya.

Memang soal mesin yang bakal digendong masih dirahasiakan. Biar begitu, besar kemungkinan spek 1.5 liter yang akan masuk ke Indonesia.

OTOMOTIF kebetulan membesut unit bertransmisi versi A/T. Mode D dan tak sayang injak pedal gas membuat semburan mesin kuat dorong mobil berbobot 1.475 kg itu melesat cepat. Apalagi jika dipakai mode S, angka 140 km/jam mudah tercapai pada jarak 800 meter. Jadi tak berlebihan juga kalau OTOMOTIF ‘curiga’ bahwa unit tes yang dijajal bermesin 1.5 liter.

Berdasarkan info terpercaya, Mazda2 buat pasar Indonesia akan dilengkapi 4 varian.

Penulis/Foto: eRIE / Erie

One Response to First Drive Mazda2: Siap Tantang Jazz

  1. mudahnyafisika mengatakan:

    berapa ya harganya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: