Test Drive Peugeot 3008, Si Unik Yang Powerfull


OTOMOTIFNET – Mendengar julukan crossover di belakang nama Peugeot 3008 mengingatkan kita pada sosok Suzuki SX4. Hatchback dari Suzuki ini pertama kali mengusung konsep dua alam, gabungan sedan dan SUV. Tapi jangan samakan kedua mobil ini, meski konsepnya sama tapi jelas beda kasta.

Peugeot 3008 hadir di Indonesia dengan harga hampir dua kali lipat dari Suzuki SX4, yang pastinya teknologi dan performa yang diusung pun jauh lebih maju. Begitu juga dengan fitur safety nya, Peugeot dikenal memiliki standar tinggi urusan yang satu ini. Mau tahu lebih dekat? Baca terus ulasan Peugeot 3008 dalam sesi test drive ini

Desain (***)
Secara desain, rasanya tak begitu cocok dengan selera orang Indonesia, tapi inilah Europe Crossover style. Buat sebagian orang justru desain ini merupakan prestige tersendiri. Khusus Peugeot 3008 dibuat cenderung membulat, terlihat gempal dan kokoh. Tapi tetap mencirikan mobil-mobil keluaran Peugeot. Misalnya penempatan logo dimoncong depannya.

Beberapa bagian dari desain bodynya dibuat dengan ukuran besar untuk mendukung fungsi, seperti grill lebar yang ternyata menjadi tempat masuknya udara segar ke intercooler. Begitu juga dengan desain bagasinya yang luas dan bisa diperluas lagi dengan melipat jok.

Begitu juga dengan pemilihan electronic parking brake yang ternyata bisa memperluas console box di tengah. Saat masuk ke dalam kabinnya pun tak akan menyangka ruang lega bisa diperoleh meski dimensi luarnya tak jauh berbeda dengan Toyota Avanza.

Fitur Dan Teknologi (****)
Banyak fitur kecil yang memudahkan pengendara di Peugeot 3008 ini, misalnya electronic parking brake yang sudah dijelaskan di atas. Lalu ada cruise control, enggak perlu ngegas untuk membuat mobil tetap melaju. Kecepatannya bisa diatur hanya lewat tombol di tuas kontrol sebelah kiri.

Oiya, yang sedikit berbeda adalah ada empat tuas control di sekitar setir di kanan atas mengaktifkan wiper sedang yang bawah adalah kontrol audio. Sedang di kiri yang atas untuk sein sedang yang bawah untuk cruise control. Biasanya control audio dan cruise control ada di setir, tapi tidak pada Peugeot 3008.

Fitur lainnya yang patut diacungi jempol adalah yang berhubungan dengan safety. Peraih rating 5 bintang dalam pengetesan Euro NCAP (standar tes keamanan mobil baru di Eropa) ini sudah dilengkapi dengan ABS, EBD, dan EBA, serta ESP menjamin pengendalian yang aman di berbagai kondisi jalan. Jumlah Airbag nya pun ada 6, dua di bangku depan, dua di pilar B dan dua lagi di sekitar doortrim bangku depan.

Uniknya, Peugeot juga menambahkan fitur Automatic Hazard Warning Light. Dengan fitur ini hazard akan otomatis menyala saat dilakukan pengereman mendadak.

Performa (*****)
Sangat powerfull untuk ukuran mesin 1600cc. Mesin EP6CDT yang tersemat dibalik kap mesin Peugeot 3008 ternyata sudah dilengkapi turbo dan intercooler. Dan telah mengaplikasikan force induction dengan mengandalkan Variable Geometry Turbo (VGT) dengan tekanan hingga 3,5 bar. Tenaga maksimum 156 dk diperoleh pada putaran 5.800 rpm dan torsi 240 Nm sejak 1.400 rpm hingga 3.800 rpm. Mantap!

Transfer tenaga makin disempurnakan dengan transmisi automatic 6 speed. Pilihan mode nya ada normal, sport, manual dan snow atau salju. Yang pasti snow mode tak akan pernah di pakai di Indonesia. Bedanya ada di waktu perpndahan gigi. Di mode manual perpndahan gigi dilakukan pada 5000 rpm, pada mode sport di 5500 rpm.

Dan bila mode manual diaktifkan, kita bebas kapan saja pindah gigi. Tapi bila tetap tidak dipindahkan, gigi akan berpindah sendiri di 5800 sampai 6000 rpm. Tentunya akan semakin responsif, karena dipindahkan tepat di kondisi max power. Enaknya lagi, di posisi mode manual, engine brake tetap bisa dirasakan saat menurunkan gigi.

Handling (*****)
Dipakai ngebut di jalanan bergelombang di dalam TOL pada kecepatan 150 km/jam, suspensinya tetap mantap membawa mobil pada jalurnya. Bahkan boleh dibilang gejala body roll saat menikung sangat minim. Kepresisian setir kemudinya layak diacungi jempol. Apalagi sudah dipadu sistem suspensi control active roll di bagian belakang yang membuatnya bekerja menuruti input arah ban depan.

Dipakai di jalanan Jakarta yang memiliki banyak tekstur, Peugeot 3008 tetap terasa nyaman. Seperti saat harus melewati jalan rusak maupun speed trap. Tak terlalu lembut tapi tetap nyaman dipakai harian.

Konsumsi Bahan Bakar (****)
Dilihat dari panel indikator, rata-rata Peugeot 3008 mengkonsumsi satu liter bahan bakar ber oktan 95 untuk jarak kurang lebih 8,8 kilometer. Hasil ini diukur saat melintasi jalanan Jakarta yang macet. Sedang untuk pengukuran kombinasi jalan diperkotaan dan di dalam TOL diperoleh hasil 1:11. Cukup ekonomis, sebanding dengan tenaga yang dirasakan.

Harga (***)
Dijual dengan harga Rp 429,9 juta, Peugeot 3008 ini didatangkan langsung secara utuh dari Perancis oleh PT Astra International Peugeot (AIP), ATPM Peugeot di Indonesia. Begitu juga dengan fitur-fiturnya, tidak ada satupun yang dikurangi. Jadi jangan kaget bila melihat snow mode pada pilihan transmisi automaticnya. Dan jangan kaget juga bila harganya jadi mahal. Hemm… tiga bintang cukuplah.

Spesifikasi
Mesin : EP6CDT Turbo, 1.598 cc
Max Power : 156 hp / 5.800 rpm
Max Torque : 240 Nm / 1.400 rpm
Standar emisi : Euro 5
Dimensi : 4,365 x 1,836 x 1,639 mm
Wheelbase : 2,613 mm
Radius putar : 5,5 m
Gearbox : Automatic Gearbox 6 Speed
Suspensi depan : Independent Mac Pherson, built-in coil spring and integrated hydraulic shock absorbers
Suspensi belakang : Independent trailed arm, transverse torsion bar, active roll control hydraulic shock absorbers
Rem depan : Ventilated Disc with Diagonal Circuit System ESP, ABS, EBD, & EBA
Rem belakang : Disc with Diagonal Circuit System ESP, ABS, EBD, & EBA
Ban dan Pelek : 225 / 50 R17 V, Alloy
Kapasitas tanki : 60 ltr
Bahan bakar yang direkomendasikan : RON 95

Penulis/Foto:Popo/Heri Kuswanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: