Test Drive Honda Jazz Facelift, Makin Modis Makin Fun to Drive!


Jakarta – Honda Jazz! Siapa yang tidak mengenalnya? Namun ternyata pabrikannya Honda tidak mau begitu saja menenggelamkan hatchback andalannya ini disaat semakin banyaknya pesaing serius. Karenanya, penyegaran perlu dilakukan, sehingga lahirlah Honda Jazz facelift.

Tidak banyak perubahan memang yang dilakukan PT Honda Prospect Motor terhadap Honda Jazz yang disegarkan ini. Namun, begitu melihatnya, karakter sebuah mobil sport perkotaan bakal langsung ditegaskan oleh New Honda Jazz. Seperti apa?

Desain, Semakin Sporty!

Berangkat dari makin banyaknya para pengguna Honda Jazz yang memodifikasi tampilan luar dari hatchback ini, PT Honda Prospect Motor menjawabnya dengan serangkaian bodikit yang sangat modis. Sehingga, sekarang pengguna tidak perlu mengorek kocek lebih dalam untuk mempermak tampangnya.

Mulai dari lampu utama yang kini menyatu dengan grill, sehingga tampak lebih runcing. Begitu juga lampu belakangnya yang hanya satu strip putih, tidak lagi dua seperti sebelumnya.

Aksen krom pada grill dihilangkan, jadi lebih sporty kan? selain itu bumper mengalami perubahan yang drastis dan cukup berani desainnya, dengan foglamp kini menjadi standar. Begitu pun dengan bumper belakang yang kini dipermanis dengan aliran udara dan segaris lampu indikator.

Fitur Nambah, Audio Makin Wah

Didalam kabin, tidak banyak perubahan mencolok. Hanya saja, pada tuas lampu, kini sudah terdapat switch untuk menghidupkan foglamp, karena sudah menjadi standarnya. Dan Honda sudah menambahkan fitur dan fungsi dari sistem audionya, yang kini sudah bisa terkoneksikan dengan iPod.

Selain itu, dentuman suara bass pada audio new Honda Jazz juga makin asik memanjakan telinga. Cukup berisi dan nendang! Penyebaran suaranya cukup merata ke seisi kabin, begitu juga suara bass yang tidak pecah di volume yang besar.

Performa, Masih Tetap Irit dan Galak

Meski tampang sudah disegarkan, tapi PT Honda Prospect Motor masih percaya pada mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter pada New Honda Jazz. Mesin kompak hasil penggabungan teknologi i-DSI yang irit BBM dan teknologi VTEC yang responsif.

Hasilnya? Begitu pedal gas diinjak, New Honda Jazz tidak kewalahan. Sangat asik diajak jalan ditengah perkotaan yang padat. Namun, bukan berarti saat diajak keluar kota New Jazz jadi kewalahan. Transmisi 5 speed otomatisnya cukup pintar kok membaca kemauan mesin, jadi tanjakan sekalipun, anteng saja dilibas.

Handling dan Kenyamanan

Asiknya dari Honda Jazz, memiliki pilar A yang cukup besar, sehingga visibilitas penglihatan menjadi luas. Namun, meski boleh dianggap sebagai mobil gesit, Honda Jazz masih sedikit kurang gesit untuk meliuk-liuk di kepadatan lalu lintas.

Tapi urusan handling cukup mumpuni, baik dikebut lurus maupun berkelok kencang di lintasan luar kota. Hanya saja, suspensi sedikit terasa keras, khas mobil-mobil Honda.

Posisi duduk yang ngeplak badan membuat pengemudi nyaman dan seolah menyatu dengan mobil. Apalagi ada handrest di kursi pengemudi. Redaman kabin juga lumayan, meski mesin masih terdengar di dalam kabin.

Kesimpulan

Dari seluruh ulasan diatas, Honda Jazz masih dianggap sebagai kasta teratas dari mobil-mobil hatchback yang dipasarkan di tanah air, baik dari segi spesifikasi maupun performanya. Hanya saja, harganya memang paling mahal, yakni mulai dari Rp 198.500.000 (tipe S manual) sampai Rp 224.000.000 (tipe RS Matik).

(mobil.otomotifnet.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: