OBAT HERBAL NYERI HAID


nyeri-saat-haid

Tips Sederhana Untuk Mengurangi Rasa Sakit Perut Saat Datang Bulan

  • Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri
  • Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa perut atau pinggang bagian belakang)
  • Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi
  • Minum minuman hangat terutama yang mengandung kalsium tinggi
  • Menggosok-gosok perut/pinggang yang sakit dengan sesuatu yang hangat
  • Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi (kaki menekuk ke arah dada)
  • Jika kamu ingin menggunakan obat pereda rasa nyeri, obat-obatan yang digunakan harus atas pengawasan dokter. Boleh minum analgetik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat, asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari
  • Tambahkan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi 500mg jika dibutuhkan dan tidak ada riwayat maag kronis, terutama seminggu sebelum menstruasi
  • Makan makanan berserat dan perbanyak minum air putih
Tips Makana Sehat Saat Datang Bulan
Sarapan pagi Makan siang
Makan malam
Telur matang satu buah
Susu rendah lemak 200 ml (satu gelas)
Selingan: bubur kacang hijau satu mangkuk
Nasi 200 gram
Sayur tumis kangkung
Semur daging kentang (satu potong sapi 50 gram)
Sup kacang merah satu mangkuk
Air jeruk satu gelas
Selingan: kue sus satu buah
Nasi 200 gram
Capcay satu mangkuk kecil
Ayam porsi kecil
Sapo tahu satu mangkuk kecil
Jus strawberry satu gelas
Selingan: sebelum tidur susu rendah lemak 200 ml (satu gelas)
Yang Perlu Dijauhi Saat Haid (bertujuan mengurangi rasa sakit) dan Anjuran Lainnya Saat Menstruasi .
Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih.Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, coklat dan es.

Definisi Nyeri Haid

Dismenorea atau yang lebih dikenal dengan nyeri haid adalah keluhan yang sering dialami wanita pada bagian perut bawah.
Nyeri haid merupakan penyakit yang sudah cukup lama dikenal. Nyeri yang dirasakan saat haid tidak hanya terjadi pada bagian
perut bawah saja. Beberapa remaja perempuan kerap merasakannya pada punggung bagian bawah, pinggang, panggul otot paha
atas hingga betis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: