detail beritaRADANG tenggorokan seringkali terasa pada saat kondisi tubuh kita sedang tidak menentu. Kondisi tubuh sedang tidak fit. Gejalanya berupa tenggorokan terasa perih, gatal dan kering, suara serak dan parau, batuk dan bersin, serta pilek yang disertai sedikit demam.

Penyakit yang menyerang saluran pernapasan bagian atas ini biasanya merupakan gejala awal dari influenza. Penyebabnya sebagian besar adalah virus. Selain itu juga disebabakan oleh alergi, bakteri strepotongokokus, dan rokok.

Radang tenggorokan sebenarnya tidak memerlukan pengobatan medis secara khusus. Yang lebih diutamakan adalah asupan gizi yang optimal untuk memulihkan kondisi tubuh dan meningkatkan daya tahannya.

Berikut syarat diet untuk atasi radang tenggorokan:

– Hindari hidangan yang mengandung kalori tinggi dan tinggi protein, terutama yang berasal dari hewani seperti susu, telur, ikan, ayam, dan daging.

– Konsumsi menu yang cukup mengandung vitamin terutama A, C, E, B6, B1, dan asam folat yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

– Cukup mengandung mineral kalsium, Fe (besi), zinc, kalium, dan magnesium yang berperan dalam pembentukan sel-sel pertahanan tubuh melawan infeksi.

– Hindari makanan yang merangsang tenggorokan bertambah sakit seperti makanan yang berminyak, gorengan, pedas, asam, terlalu manis, dan terlalu berbumbu.

– Banyak minum air putih.

– Hindari makanan dan minuman dingin.

– Bawang putih baik digunakan karena berkhasiat menguatkan daya tahan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel darah putih untuk melawan penyakit dan meningkatkan produksi antibodi. (tty)

Sumber : http://health.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: