Mengintip Kecanggihan Pengganti Panther


Isuzu MU7

VIVAnews – Isuzu Panther sudah puluhan tahun malang melintang di jalanan Indonesia. Berbekal mesin diesel standar Euro2 yang dikenal tangguh, Panther mempunyai penggemar fanatik di Indonesia. Sayang, PT Isuzu Astra Motor Indonesia tidak melakukan satu revolusi terhadap Panther, seperti yang dilakukan oleh Toyota terhadap Kijang.

Alhasil, wajah Panther dari generasi ke generasi tidak banyak perubahan. Jadi tidak mengherankan jika segmen pasarnya sekarang didominasi oleh pembelian untuk perusahaan ketimbang pribadi.

Hal lain yang bisa mengakhiri hidup Panther adalah kabar akan diberlakukannya standar emisi yang lebih tinggi di tahun depan dari Euro 2 menjadi Euro 4. Terlepas dari kesiapan BBM untuk standar Euro 4, kebijakan ini tentu saja bisa membuat Panther harus dipensiunkan karena masih menggunakan standar Euro 2.

Isuzu MU7 sangat pantas menggantikan Panther di Indonesia, kabin 7 seatnya cukup lapang dengan ekserior yang terlihat mewah dan gagah. Mesin diesel 4JJ1-TCX Commonrail diesel 3.0L with VGS (VGT) turbo dengan daya maksimum 163 hp berkat teknologi fuel-injection pressure yang mencapai 180 Mpa sehingga mampu menghasilkan daya maksimum dengan efisiensi tinggi. Mesin ini sama seperti yang digunakan oleh Isuzu double cabin D-MAX.

Hanya sayang satu hal yang membuat Isuzu MU7 ini terkendala masuk ini adalah harganya yang masih tinggi di atas Rp600 juta. Tentu saja masih jauh dengan dari harga Panther yang hanya di kisaran Rp200-300 juta. Harga yang cukup fantastis untuk Isuzu MU7 tentu saja beralasan, sebab mobil ini memiliki 3.000 cc, yang masuk sebagai katergori barang mewah dengan pajak tinggi.

Direktur Pemasaran Kendaraan Komersial Ringan PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Supranoto Tirtodiprodjo, mengatakan jika nantinya Isuzu MU7 menggantikan Panther di Indonesia, akan ada beberapa modifikasi, salah satunya menurunkan kapasitas mesin.

“Kami maunya di kisaran 2.5 liter, agar tidak terkena pajak barang mewah, sehingga harganya terjangkau seperti Panther,” kata Supranoto.

Dengan spesifikasi dan harga selangit Isuzu MU7 aslinya adalah kompetitor dari Mitsubhisi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Jika yang disematkan adalah mesin 2.500 cc yang berseri 4JK1-TC kemungkinan mesin itu diambil dari D-Max dengan spek mesin Direct-Injection Electronic Commonrail System, yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 116 PS. (eh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: