5 Penyebab Utama Kanker Payudara


 

5 alasan penyebab kanker payudara (1)

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita. Sebenarnya pria juga memiliki resiko terkena kanker ini, hanya saja kemungkinannya sangat kecil sekali. Proses pengobatannya pun terbilang tidak murah dan memakan waktu yang cukup lama.

Artikel ini tidak akan membahas secara luas tentang kanker payudara. Tetapi, secara umum akan membahas mengenai alasan-alasan atau penyebab utama yang membuat para wanita mengidap kanker payudara, yaitu:

  1. Lingkungan dan Sekitarnya
    Lingkungan adalah salah satu penyebab utama wanita mengidap kanker payudara. Setiap paparan radiasi yang berasal dari lingkungan dapat menjadi penyebab kanker bagi para wanita. Pengunaan radiasi untuk pengobatan suatu penyakit lainnya ternyata dapat memicu terjadinya kanker payudara.

    Pestisida dan DDT merupakan faktor lingkungan yang juga memicu kanker payudara. Pestisida umumnya digunakan dalam kegiatan pertanian. Nah, pestisida dapat masuk ke dalam tubuh Anda melalui produk pertanian yang mengandung pestisida.

  2. Pola Makan Yang Tidak Seimbang
    Diet seperti ini dapat memicu kanker payudara. Jika makanan Anda mengandung terlalu banyak lemak, kemungkinan besar Anda beresiko terkena kanker payudara. Batasilah asupan lemak dari makanan Anda. Diet Anda haruslah seimbang. Makanlah secara teratur agar tubuh Anda tetap mendapat asupan antioksidan untuk melawan hal-hal buruk penyebab penyakit dalam tubuh.
  3. Alkohol
    Inilah penyebab lain dari kanker payudara. Kebiasaan meminum alkohol berlebihan akan meningkatkan resiko Anda untuk mengidap kanker payudara kapan saja. Jadi, jika Anda memang ingin meminum alkohol, konsumsilah secara terbatas dan tidak berlebihan.
  4. Genetik
    Alasan lain mengapa para wanita mengidap kanker payudara adalah faktor genetik. Dalam beberapa kasus, kanker payudara merupakan warisan atau diturunkan dari orang tua. Resiko Anda terkena kanker payudara akan meningkat seiring pertambahan usia. Setelah Anda melewati umur 50 tahun, resikonya jauh lebih meningkat daripada sebelumnya.

    Berdasarkan hasil yang ditemukan para peneliti, 10% dari kasus kanker payudara disebabkan oleh faktor keturunan. Telah ditemukan sebuah gen bernama BRCA1 yang bertanggung jawab sebagai penyebab kanker payudara dalam banyak kasus. Secara umum gen ini tidak menyebabkan kanker, tetapi saat mereka bermutasi, resiko Anda mengidap kanker payudara menjadi tinggi. Gen lain yang juga bertanggung jawab atas kanker payudara adalah BRCA2.

  5. Hormon
    Resiko kanker payudara meningkat dengan beberapa faktor hormonal, antara lain:

    1. Jika Anda menstruasi lebih awal.
    2. Jika Anda mulai menopause setelah umur 51 tahun.
    3. Jika Anda mempunyai anak pertama setelah usia 30 tahun.
    4. Jika Anda tidak punya anak.
    5. Jika Anda mengidap kanker payudara jangan melakukan terapi hormon replacement karena dapat mempercepat kanker untuk berkembang.

Nah, sekarang Anda sudah mengenal 5 alasan penyebab utama mengapa wanita bisa mengidap kanker payudara. Lakukanlah pencegahan sederhana dengan memulai pola hidup sehat. Konsultasi dengan ahli kesehatan dan dokter agar Anda mengetahui lebih jelas lagi tentang penyakit ini berikut cara-cara pencegahan yang tepat.

Sumber : http://duniafitnes.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: