Best Dumbbell Exercises for Woman


Banyak dari program penurunan berat badan yang hanya berkonsentrasi pada latihan kardio. Meski pun latihan ini membantu menurunkan berat badan, latihan beban juga harus dimasukkan dalam program penurunan berat badan agar proses pembakaran lemak lebih maksimal.

Best-Dumbbell-Exercises-for-Woman

Kombinasi latihan kardio dan latihan beban dapat membantu membangun otot dan menghilangkan lemak lebih cepat. Salah satu latihan beban paling populer adalah latihan menggunakan dumbbell.

Wanita biasanya menganggap bahwa latihan dumbbell atau latihan beban akan membuat tubuh mereka berotot seperti laki-laki, padahal mitos tersebut tidaklah benar.

Latihan beban yang tepat dapat membantu wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah, tanpa mengurangi bentuk feminin mereka. Sebelum membahas latihan dumbbell bagi wanita, berikut adalah beberapa keuntungan dari latihan dumbbell.

  • Latihan dumbbell yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak lebih efektif bila dikombinasikan dengan latihan kardio. Dengan demikian membantu mengendalikan berat badan.
  • Membantu meningkatkan densitas tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.
  • Memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan penampilan fisik serta membuat Anda lebih percaya diri.
  • Membantu meningkatkan kekuatan otot dan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.
  • Latihan ini juga membantu menjaga tekanan darah dan kadar gula dalah tubuh.

Sekarang Anda dapat melihat bahwa ada banyak keuntungan dari latihan dumbbell bagi wanita. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang dumbbell dan beberapa gerakan latihan yang tepat.

Sebelum memulai latihan, genggamlah dumbbell yang memiliki berat sekitar 1-1,5 kg. Anda dapat meningkatkan berat bebannya secara bertahap sesuai dengan kemampuan Anda setelah terbiasa dengan latihan ini.

Upright Row

upright row
Ini adalah salah satu latihan dumbbell untuk punggung, yang membantu memperkuat punggung atas.

Tahapan Pelaksanaan:

  • Berdiri tegap
  • Genggam dumbbell pada masing-masing tangan
  • Telapak tangan menghadap ke belakang
  • Angkat kedua tangan dengan menekuk siku hingga sejajar bahu
  • Kembali ke posisi semula
  • Ulangi

Dumbbell Chest Press

Dumbell Chest Press
Ini adalah latihan dumbbell bagi wanita untuk melatih bagian depan dada dan bahu.

Tahapan Pelaksanaan:

  • Berbaring telentang pada bench
  • Kedua tangan menggenggam dumbbell di atas dada
  • Dorong lengan Anda lurus ke atas
  • Kembali ke posisi semula
  • Ulangi

Alternate Hammer Curl

Alternate Hammer Curl
Membantu mengencangkan otot bicep dan otot lengan bagian bawah

Tahapan Pelaksanaan:

  • Berdiri tegap
  • Kedua tangan menggenggam dumbbell (posisi hammer)
  • Angkat kedua siku ke atas hingga sejajar bahu
  • Ulangi gerakan secara bergantian untuk kedua tangan

Single Leg Deadlift

single-leg-deadlift
Latihan ini membantu meningkatkan kordinasi dan keseimbangan tubuh, serta membentuk otot kaki dan lengan lebih kencang.

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tegap dengan menggenggam dua buah dumbbell
  • Angkat kaki kanan dan tekuk sedikit ke belakang
  • Condongkan tubuh ke depan
  • Tahan beberapa saat
  • Ulangi beberapa repetisi untuk masing-masing kaki

Dumbbell Shrug

Dumbell Shrug
Membantu melatih otot bahu dan memperbaiki postur tubuh

Tahapan Pelaksanaan:

  • Berdiri tegap
  • Kedua tangan menggenggam dumbbell
  • Angkat kedua bahu bersamaan
  • Kembali ke posisi semula
  • Ulangi

Front Dumbbell Raise

front-dumbbell-raise2
Latihan dumbbell bahu bagi wanita dengan target otot bahu dan membantu memperbaiki penampilan tubuh bagian atas.

Tahapan Pelaksanaan:

  • Posisi tubuh berdiri, punggung tegak dengan kaki sejajar bahu
  • Tangan lurus memegang dumbbell di samping badan
  • Gerakkan Dumbbell ke atas hingga lengan parallel dengan bahu
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat mengangkat beban

Itulah beberapa latihan dumbbell terbaik yang menargetkan pada beberapa bagian penting dari tubuh bagian atas wanita. Jangan lupa untuk melakukan pamanasan sebelum melakukan latihan dan imbangi dengan pola makan rendah lemak tinggi protein.

Sumber : http://duniafitnes.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: