Tips Memilih Menu Makanan Dalam Pendakian


 

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Jika sumber energi sudah dapat terpenuhi apapun kegiatan akan dapat dilaksanakan dengan baik. Sebagai contoh adalah disaat pendakian gunung maka pola makanan juga harus diperhatikan dengan pemilihan menu makanan yang tepat sebagai sumber energi dalam pendakian.

Mendaki gunung adalah salah satu aktifitas yang sangat membuang banyak tenaga sudah pasti karbohidrat, vitamin, lemak, protein serta air harus terjaga dengan seimbang didalam tubuh agar energi yang dikeluarkan disaat pendakian bisa teratur. Suatu hal mutlak mesti dilakukan adalah cara memilih menu makanan yang cocok disaat pendakian.

Berikut beberapa tips memilih menu makanan yang pas disaat mau memulai pendakian gunung :

  • Makanan yang mengandung sumber tenaga (karbohidrat).

Makanan yang mengandung karbohidrat sangat dianjurkan disaat pendakian gunung. Sebagaimana fungsi karbohidrat yaitu :

  1. Sebagai sumber energi.
  2. Menjaga cadangan energi.
  3. Serta pembentuk protein dan lemak didalam tubuh.

Disaat pendakian sangat diperlukan energi untuk menambah daya tahan tubuh atas aktifitas yang penuh disaat pendakian dengan mengkonsumsi karbohidrat maka pasokan energi dalam tubuh akan dapat terpenuhi. Dan juga seorang pendaki mesti mempertimbangan jumlah kalori yang terkandung didalamnya. Ada beberapa makanan dengan ukuran ringan tetapi mengandung kalori yang tinggi contoh coklat, roti dan lain sebagainya dan saya sangat menganjurkan membawa makanan ini disaat pendakian.

  • Makanan yang tidak mudah basi.

Pendakian gunung  bukan merupakan kegiatan yang bisa dilakukan dengan waktu singkat maka sebaiknya kita dapat menyediakan makanan yang tidak cepat basi serta sangat mudah dibawa disaat pendakian. Misalkan makanan berbentuk kaleng seperti sarden, mie instan karena makanan-makanan ini cepat saji serta lumayan ringan jika dibawa saat pendakian.

  • Makanan yang mudah diolah.

Disaat pendakian, waktu sangat diperlukan untuk mencapai sebuah puncak pendakian, maka menu makanan yang mudah diolah merupakan salah satu faktor penting untuk menghemat waktu disaat pendakian karena untuk mencapai puncak ada target tertentu kapan mesti sampai disana. Misalkan di puncak gunung merupakan gunung yang mengeluarkan asap beracun dari kawah pada waktu tertentu, pastilah seorang pendaki harus memiliki target waktu yang dicapai disaat naik kepuncak dan disaat turun kembali ke tenda semula. Dengan mempersiapkan makanan yang cepat diolah maka seorang pendaki dapat meminimalisir waktu yang digunakan disaat pendakian.

  • Buah dan sayuran.

Sangat disarankan  membawa buah dan sayuran segar. Sekarang ini banyak alternatif seperti membawa buah dan sayuran yang dikemas di dalam kaleng. Sebaiknya pilih buah dan sayuran dalam kaleng yang lebih ringan dan tidak menghamburkan banyak sampah disaat anda melakukan pendakian agar dapat menjaga kelestarian alam.

  • Makanan yang cepat masak.

Makanan yang cepat masak sangat diperlukan disaat pendakian selain dapat menyingkat waktu, juga sangat berguna demi melancarkan proses pendakian. Salah satu contoh makanan yang cepat masak adalah mie instan, sereal, aneka soup kering dan beras instan. Tapi semua itu tergantung selera masing pendaki serta tingkat kesulitan disaat pendakian gunung maka pemilihan makanan yang cepat masak sangat diperlukan.

  • Makanan yang mudah dibawa (ringan).

Agar tidak menambah  beban pendakian disarankan membawa makanan yang ringan dan mudah dibawa karena perhitungan untuk sampai kepuncak pendakian  sangat diperlukan. Bisa jadi pendaki kelelahan disaat pendakian dan dengan membawa makanan yang lumayan berat, otomatis akan memperlambat waktu pendakian dan juga dapat mencelakai si pendaki untuk melewati jalur yang terjal. Dengan membawa makanan yang ringan untuk dibawa secara tidak langsung sudah mengurangi resiko yang terjadi disaat pendakian.

  • Air.

Air merupakan faktor terpenting dalam tubuh karena komponen terpenting dalam sel tubuh adalah air sebesar 70—80 % sedangkan dalam sel lemak kurang lebih 10 % dan air berperan besar dalam darah mengandung 83 % cairan lambung hormone, enzim, otot dan juga menjaga tonus otot sehingga otot mampu berkontraksi. Sedangkan sebagian besar pendakian otot berperan besar dalam tubuh kita disaat pendakian. Bisa anda bayangkan seorang pendaki gunung tanpa air, maka sangat disarankan bawalah air secukupnya disaat pendakian agar tidak terjadi dehidrasi bagi pendaki sehingga dapat memaksimalkan tubuh dalam pendakian.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor diatas maka menu makanan merupakan satu kesatuan yang perlu diperhatikan bagi seorang pendaki gunung.

Biasanya beberapa menu makanan selalu dibawa oleh para pendaki gunung yang sudah berpengalaman, tentunya dengan memperhatikan menu makanan apa yang cocok buat pendaki itu sendiri serta penempatan menu makanan yang tergantung dari kondisi pegunungan yang akan di daki.

Sudah suatu kewajiban seorang pendaki menyiapkan peralatan tempur mereka untuk melewati halangan dan rintangan jalur yang terjal selain berlatih fisik, doa serta pemilihan menu makanan juga merupakan salah satu faktor penting bagi seorang pendaki gunung. Selamat mendaki!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: